Kemampuan apa yang harus kamu kuasai?
Setelah mempelajari materi pembelajaran ini diharapkan kamu dapat:
1. mengidentifikasi fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
2. membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
Setelah mempelajari materi pembelajaran ini diharapkan kamu dapat:
1. mengidentifikasi fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
2. membedakan antara fakta dan opini dalam teks iklan di surat kabar
Iklan adalah berita pesanan
untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa
yang ditawarkan. Iklan juga dapat diartikan pemberitahuan kepada khalayak
mengenai barang atau jasa yang dijual, dipasang di dalam media massa seperti surat
kabar dan majalah atau di tempat-tempat umum. Ada bermacam-macam jenis iklan,
misalnya iklan baris, iklan kolom, dan iklan keluarga.
Iklan dapat kita temukan di
media cetak (koran majalah, buletin) maupun di media elektronika (radio
televisi). Hampir semua koran atau majalah menyediakan ruang untuk memuat
iklan. Setiap hari ada saja orang, lembaga, atau perusahaan yang memasang iklan
untuk berbagai keperluan. Dengan demikian setiap hari kita akan dapat menemukan
informasi baru berupa penawaran produk, jasa, lowongan kerja atau informasi
yang lain dalam kolom iklan.
Hal ini sebagai indikator
bahwa komunikasi antara pemasang iklan dengan pelanggan atau dengan pembaca
dapat dijalin melalui media iklan. Oleh sebab itulah dalam pembelajaran berikut
ini kamu akan diajak untuk mencermati fakta dan opini yang terdapat dalam
iklan.
Amati dengan saksama teks iklan
baris berikut!
RUMAH DIJUAL-BODETABEK
Dijual Cepat Rumah type 48/90 di perumahan Kota Wisata – Cluster
Montreal Blok YA 15 No 15. Bebas Banjir, Kondisi standard dan bagus.
Harga 220 jt nego. Hubungi (021) 82482136, 081288731588 (Farah)
Sumber: Kompas, 3 Maret 2007
Dijual Cepat Rumah type 48/90 di perumahan Kota Wisata – Cluster
Montreal Blok YA 15 No 15. Bebas Banjir, Kondisi standard dan bagus.
Harga 220 jt nego. Hubungi (021) 82482136, 081288731588 (Farah)
Sumber: Kompas, 3 Maret 2007
Dalam teks iklan di atas
terdapat informasi yang berupa fakta dan berupa opini. Dikatakan sebagai fakta
apabila informasi itu berupa sesuatu yang benar-benar ada, benar-benar terjadi
atau memang kenyataannya seperti itu. Selain itu kebenaran informasi yang
berupa fakta tidak diragukan lagi. Fakta merupakan sesuatu yang sudah terjadi.
Sebaliknya sesuatu dikatakan opini atau pendapat apabila informasi dalam iklan itu merupakan ide, gagasan, pendapat, pemikiran atau penawaran untuk mempengaruhi pembaca.
Dalam iklan 1 dapat kita
temukan fakta sebagai berikut:Sebaliknya sesuatu dikatakan opini atau pendapat apabila informasi dalam iklan itu merupakan ide, gagasan, pendapat, pemikiran atau penawaran untuk mempengaruhi pembaca.
a. tipe rumah yang dijual 48/90
b. terletak di perumahan Kota Wisata – cluster Montreal Blok YA 15 nomor 15,
c. nomor telepon (021) 82482136, 081288731588.
Informasi yang berupa opini adalah:
a. menurut pemasang iklan lokasi perumahan itu bebas banjir (ide pemasang iklan untuk memengaruhi pembeli).
b. kondisi standar dan masih bagus (ukuran standar dan bagus tidak jelas, kebenarannya perlu dibuktikan)
c. ditawarkan dengan harga 220 juta nego (pemikiran).
0 komentar:
Posting Komentar